Penyakit Menular Seksual

Venereologi adalah cabang kedokteran yang mempelajari penyakit menular seksual. Nama berasal dari Venus Dewi Romawi, yang melambangkan cinta dan kesuburan. Seorang dokter yang mempelajari venereologi adalah spesialis kulit, dokter kulit.

Penyakit menular seksual (STD) sering diakui sebagai hal yang tabu dan membawa stigma sosial. Orang-orang enggan untuk memberi tahu pasangan mereka dan datang ke dokter hanya ketika mereka memiliki gejala. STD adalah infeksi yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual. Mereka dikelompokkan sebagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur dan parasit. Beberapa penyakit umum adalah infeksi HIV, sifilis, gonore, kandidiasis, herpes simplex, infeksi virus papiloma, kudis kelamin dan infestasi kutu kemaluan.

 

STD bisa saja tanpa gejala meskipun sebagian besar orang hanya datang untuk mencari pengobatan ketika mereka sudah memiliki gejala. Gejalanya mulai dari nanah, kutil kelamin, bisul / lecet atau gatal kelamin. Kadang-kadang pasien datang ke dokter hanya setelah pasangannya ditemukan memiliki STD dan disarankan untuk datang untuk skrining.

STD, jika tidak diobati dapat merugikan bukan hanya pasien, pasangan pasien tetapi juga akan mempengaruhi bayi jika pasien hamil. Beberapa STD, misalnya, sifilis dapat menyebabkan sifilis kongenital jika ibu hamil terinfeksi. Jika tidak ditangani dengan benar, sifilis dapat berkembang menjadi sifilis tertier yang menyebabkan demensia pada stadium lanjut usia. Infeksi virus lain seperti virus papiloma manusia menyebabkan kutil kelamin dan meningkatkan risiko kanker serviks di antara pasien wanita. Beberapa STD seperti infeksi Chlamydia juga menyebabkan infeksi intrauterin yang mengakibatkan infertilitas.

Untuk mengatasi kekhawatiran STD dan menawarkan skrining dan konseling yang tepat sebelum melakukan tes, disarankan untuk mencari dokter yang terlatih dalam mendiagnosis dan mengobati penyakit. Sebagian besar STD dapat diobati dengan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Artikel ini ditulis oleh Dr Kho Wee Ming, Konsultan Spesialis Kulit Tetap and Ahli Penyakit Dalam di Timberland Medical Center.

* Informasi dalam artikel ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan hubungan satu-satu dengan profesional kesehatan yang berkualitas dan tidak dimaksudkan sebagai nasihat medis untuk mendiagnosis atau menangani masalah kesehatan atau penyakit. Anda harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki atau mencurigai Anda mungkin memiliki masalah kesehatan.